Pembuatan Business Plan

PEMBUATAN BUSINESS PLAN TIM 2EA01


BEM fakultas Ekonomi mengadakan acara UGEC (Universitas Gunadarma Economic Challeng), setiap kelas harus mewakili satu tim untuk ikut serta dalam acara UGEC. Saya, Inna Rahmaani dan Zul Firda Adha mewakili kelas 2EA01 untuk berpartisifasi dalam pelaksaan uGEC di acara bem tersebut.

Kami pun daftar UGEC untuk mewakili setiap kelas, tim kami daftar paling terakhir sebelum penutupan, Tim kami belum punya plan apapun tentang usaha yang akan di buat. Keesokan harinya pada hari jum’at, tanggal 3 Januari 2014 tim kami mengumpulkan berkas yang harus di serahkan ke paniti, diantaranya Foto berwarna 3 x 4 (2 lembar) dan fotokopi KRS dan KTM.

Hari Jum’at, tanggal 3 januari 2014 jam 13:00 adalah technical meeting yang pertama yang wajib di ikuti oleh setiap peserta, di technical meeting di jelaskan bagai mana tata cara pembuatan Business Plan yang baik, dan tahapan tahapan yang harus di buat untuk membuat  Proposal Business Plan . Bagi tim peserta yang tidak hadir maka ketentuan ketentuan yang menjadi penilaan Business plan tersebut dianggap sudah mematuhinya tanpa syrat apapun.
Di sesi  tersebut ada pembicara yang meneraangkan bagai mana cara pembuatan Proposal yang baik, bagaimana seorang Investor agar tertarik terhadap proposal yang di buat, bagaimana caranya untuk membuat sebuah ide bisnis yang baik, bagaimana mencari segmen pasar kesemuanya itu perlu di perhitungkan secara matang matang sebelum membuat bisnis.

Yang paling penting dalam membuat sebuah usaha ialah apa yang anda senangi itulah yang anda harus buat, “kata pembicara”. Karena Passion adalah nomer satu sebagai salah satu faktor penentu dalam menjalankan sebuah bisnis. Dia menambahkan bisnis akan tercapai apabila seseorang satu sama lain saling percaya dantara konsumen dan produsen atau si pemilik usaha.

Alhamdulillah Tim kami mendapatkan banyak pemahaman tentang bisnis, selain itu Tim kami yakin akan lolos ke tahap berikutnya, karena dalam UGEc ada 4 tahap yang harus di lalui untuk memenagkan UGEC compotition. 

Kesokan harinya tepatnya hari sabtu, tanggal 4 Januari 2014 jam 10:00 di Kampus H Perpustakaan, kami membuat Proposal Business Plan yang Pertama, setelah akmi berunding untuk menentukan usha apa yang akan di buat, kami memutuskan dan sepakat dengan membuat usaha “Minuman Yoghurt” yang terbuat dari bahan dasar susu murni dan berfermentasi nantinya kan di padukan dengan buah, usaha itu tercetus karena kami bertiga sangat suka terhadap minuman yoghurt tersebut. 

Yoghurt adalah salah satu minuman yang sangat di gemari oleh kaum anak muda dan para remaja serta Ibu-Ibu walaupun kaum adam tidak sedikt yang suka terhadap minuman yoghurt. Tak apalah karena kami sudah memperhitungkan semuanya. Usaha bisnisnya kami beri nama ZUIS’s, kata ZUIS’s sendiri kami ambil dari kata nama masing-masing, maka terbentuklah nama ZUIS’s.
Semoga tim 2EA01 bisa masuk ke tahap berikutnya, amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONDITIONAL SENTENCES

KEPRIBADIAN DAN GAYA HIDUP

Proses Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen