FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN

Terdapat empat faktor internal yang relevan terhadap proses pengambilan keputusan konsumen:
*      Motivasi (motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
*      Persepsi (perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang  terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangan tersebut.
*      Pembentukan sikap (attitude formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang mencerminkan sikap suka/tidak suka seseorang akan suatu hal.
*      Integritas (integration) merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan. Integrasi merupakan respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong seseorang untuk membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan tekad seseorang untuk tidak membeli produk tersebut.

ANALISIS :
Dalam mengambil suatu keputusan tentunya konsumen memerlukan beberapa pertimbangan yang harus dilalui terlebuih dahulu sebelum konsumen tersebut mengambil suatu keputusan. Motivasi diperlukan  oleh seorang konsumen agar ketika dia memilih suatu produk, konsumen tidak ragu dalam memilih produk tersebut. Informasi diperlukan produk diperlukan oleh konsumen terhadap  suatu produk  agar produk yang debilnya itu sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan yang konsumen inginkan. Suka dan tidak suka itu sepenuhnya di tentukan oleh konsumen, sikap yang harus dimiliki oleh konsumen adalah dengan karakter yang dimiliki oleh konsumen atau badmood, serta factor lain yang dapat memperngaruhi sikapnya. Integrasion merupakan suatu kesatuan yang menggabungkan dari unsure unsure yang terbentuk, agar konsumn bisa membulatkan tekadnya dalam membeli ataupun tidak mebeli produk.
SUMBER :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONDITIONAL SENTENCES

KEPRIBADIAN DAN GAYA HIDUP

Proses Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen