PERAN EKONOMI KOPERASI DI INDONESIA

PERAN EKONOMI KOPERASI DI INDONESIA

A.   Pengertian Koperasi
Koperasi adalah institusi (lembaga) yang tumbuh atas dasar solidaritas tradisional dan kerjasama antar individu, yang pernah berkembang sejak awal sejarah manusia sampai pada awal Revolusi Industrial di Eropa pada akhir abad 18 dan selama abad 19, sering disebut sebagai Koperasi Historis atau Koperasi Pra-Industri. Koperasi Modern didirikan pada akhir abad 18, terutama sebagai jawaban atas masalah-masalah sosial yang timbul selama tahap awal Revolusi Industri.
B.   Peran Ekonomi Koperasi
Di sini peran koperasi sangat di butuhkan, karena untuk memajukan suatu perokonimian masyarakat agar mayrakat dapat berperan aktif dalam mengembangkan hard skill. Masyakat di Indonesia sangat memiliki potensi yang luar biasa, permasalahannya adalah tidak adanya media atau alat pembantu untuk menyalurkan skill yang di milikinya.
Dalam menumbuhkan perekonomiaan, harus di buat suatu kerja sama untuk melahirkan ide dan gagasan yang akan membuat individu dengan individu lain saling bekerja sama dalam merumuskan dan membuat suatu peraturan serta meneraoknnya dalam koperi.
Dari suatu ide dan gagasan itulah terciptanaya sutau kerajinan yang akan membuat perekonomian tumbuh dan berkemnag. Selain itu peran pemerintah di butukan untuk meberikan dukungan baik berupa pelatihan-pelatihan, memberikan kesempatan untuk menjual dan mempromosikan hasil dari kreatifitas serta memberikan modal untuk membuat suatu usaha.
Usaha yang di buat akan melahirkan banyak kesempatan tenaga kerja untuk masuk dan ikut serta dalam membangun dan mengembangkan koperasi yang di buat. Kopersai yang telah di buat memberikan kesempatan bagi para pengrajin untuk menjual dan mepromosikannya melalui kopersi tersebut.
Peranan ekonomi koperasi  Indonesia sangat membantu orang orang yang tidak memiliki keahlian untuk dapat di ajak dan di ikut sertakan dalam pengembangan bakat dan minat yang di miliki oeh individu masiang masing, supya setiap individu dapat  berkesempatan untuk mengetahui bahwa dirinya tidak dapat di pandang sebelah mata.
Di Indonesia sendiri banyak orang orang yang mencari pekerjaan tidak di lengkapi dengan skill, karena skill sendiri sangat di butuhkan dalam pekrjaaan. Untuk itu koperasi Indonesia berperan akatif untuk memberikan penyuluhan penyulahan dalam rangka meningkatkan kempuan  kemampuan individu .
Sekarang ini Kementrian Koperasi dan UKM Indonesia banyak memberikan pelatihan pelatihan dan memberikan modal usaha bagi pengusah pemula, agar para individu menjadi pelaku utama untuk kreatif dan inovatif dalam membuat badan usaha baru.
Dalam menumbuhkan iklim usaha yang kondusif bagi pengembangan usaha koperasi, meningkatkan produktivitas, daya saing dan kemandirian koperasi dan mengembangkan sinergi dan peran serta masyarakat dan dunia usaha dalam pemberdayaan koperasi.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONDITIONAL SENTENCES

KEPRIBADIAN DAN GAYA HIDUP

Proses Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen