HAK AZASI DAN HUKUM INTERNASIONAL HARUS DI TEGAKAN TERHADP SUATU PENYADAPAN



Penyadapan Negara Australia Terhadap Negara Indonesian
Dalam kamus besar bahasa Indonesia Menyadap merupakan mendengarkan pembicaraan orang lain  secara diam-diam (rahasia). Penyadapan banyak di lakukan oleh berbagai negara untuk menggali informasi tentang negara tersebut serta untuk menjaga ketahanan dan ke amanan suatu negra. Baru baru ini banyak terjadi penyadapan yang dilakukan oleh berbagai negara, seperti negar Amerika yang menyadap negara Jerman dan yang paling hangat di bicarakan saat ini adalah penyadapan Negara Australia terhadap negara Indonesia.
Data yang di bocorkan oleh Snowden sebenarnya adalah data NSA (National Security Agency) atau badan keamanan Amerika. Amerika serikat mengambil keuntungan dari penyadapan yang dilakukan melalui kedutaan besar Australia di beberapa negara termasuuk di Indonesia.
Informasi tersebut berada dalam dokumen yang berjudul “3g impact dan Update”. Dalam dokumen tersebut terdapat 10 nama pejabat indonesia lengkap dengan tipe ponselnya masing-masing. Selain Presiden SBY, nama Ibu negara Ani Yudhoyono juga termasuk salah satu yang di sadap oleh pemerintah Australia. Menurut informasi yang di himpun, penyadapan tersebut di lakukan pada tahun 2009, berikut ini adalah daftar 10 pejabat yang di sadap dan jenis ponselnhya yang di sadap pemerintyah australia, seperti yang di langsir oleh Australain Broadcasting Corporation dari Snowden.
1. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono – Nokia E90-1
2. Kristiani Herawati ( Ani Yudhoyono ) – Nokia e90-1
3. Hatta Rajasa ( saat itu menteri sekertaris negara ) - Nokia E90-1
4. sri mulyani Indrawati ( saat itu pelaksana tugas menko perekonomian) - Nokia E90-1
5. Sofyan Djalil ( saat itu menteri BUMN ) - Nokia E90-1
6. Andi Malarangeng ( saat itu, juru bicara presiden urusan dalam negeri ) – Nokia E71-1
7. Widodo Adi Sucipto ( Saat itu, Menkopolhukam ) – Noki E66-1
8. Dino Pati Djalal ( saat itu, juru bicara presiden urusan luar negeri ) – Blackberry Bold 9000
9. Wakil Presiden Bpediono - Blackberry Bold 9000
10. Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla – Samsung SGH–Z370

Pemerintah Indonesia merespon dengan di pulangkannya dubes Indonesia di Canberra. Bukan hanya itu pemerintah Indonesia juga memberhentikan berbagai kerja sama dengan pemerintah Australai diantaranya, sampai batas yang di tentukan, Pemerintah Indonesia tidak akan latiahan perang dengan Australia, Indonesia juga tidak akan berkoordinasi menanggulangi people smuggling atau pencari suaka, dan tidak akan adanay pertukaran informasi  intelejen antar kedua negara.

Menurut Saya Hak Azasi Manusia harus di tegakkan, karena itu merupakan sesutl yau yang mengambil hak seseorang tanpa di ketahui oleh orang tersebut dan merupakan hal yang tidak boleh di lakukan oleh siapapun. Dalam hak Azasi manusia sesutau yang berkaitan dengan merugikan orang lain. Untuk itu Hukuim Internasional harus di tegakkan, karena ini manyangkut seorang kepala negara yang memiliki kedudukan terttinggi di suatu negara, tidak sepantansnya negara lain menyadap seorang kepala negara, walaupun hanay untuk menggali sebuah informasi dn untuk menjaga kedaulatan negaranya. Untuk itu pemerintah dan PBB yang mempunyai hukum yang penuh yaang kuat untuk mengambil langkah dan memberikan sanksi terhadap negara yang menyadap.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONDITIONAL SENTENCES

KEPRIBADIAN DAN GAYA HIDUP

Proses Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen