Mencegah Perbudakan Modern dari Desa

Mencegah Perbudakan Modern dari Desa
Di Negara Indonesia rakyatnya masih banyak yang misikin data BPS pada tahun 2013 rakyat miskin di Desa  sendiri yaitu sebesar 17, 92 juta penduduk yang masih miskin, ini  menunjukan masih banyaknya rakyat Indonesia yang berada di Desa masih hidup dalam kemiskinan. Ini yang membuat penduduk desa untuk bekerja sebagai  imigran, agar mereka tidak selalu terjerat dalam kemiskinan. Akan tetapi para buruh imigran yang ingin mengadu nasib ke kota maupun ke luar negeri untuk mencari pekerjaan tidak dibarengi dengan bekal keahliaan yang dimiliki, mereka langsung saja pergi ke kota maupun luar negeri untuk mengadu nasib. Para buruh imigran tidak mengetahui bahwa adanya suatu peraturan tertentu yang bisa membuat mereka terjebak oleh orang orang tertentu yang menawari mereka pekerjaan dengan gaji yang besar,  akan tetapi itu hanya jebakan semata untuk mengelabuhi imigran dari desa  yang ingin mendapatkan pekerjaan di kota maupun luar negeri.
Disini peran pemerintah sangat di perlukan untuk membantu masyrakat agar bisa keluar dari garis kemiskinan, dengan membekali para imigran yang ingin mebekali pekerjaan ke kota maupun luar negeri dengan pelatihan pelatihan yng bisa membuat para imigran memiliki kemampuan yang bisa di perlukan atau dibutuhkan oleh  orang orang yang membutuhkan jasa pekerjaannya.  Dan pemerintah juga wajib membantu mereka apabila mereka bermasalah dengan hokum, serta memauntau mereka agar terciptanya rasa aman dan nyaman walaupun mereeka bekerja diluar negeri.
Kemiskinan struktural terjadi karena oleh faktor-faktor buatan manusia seperti kebijakan ekonomi yang tidak adil, distribusi aset produksi yang tidak merata, korupsi dan kolusi serta tatanan ekonomi dunia yang cenderung menguntungkan kelompok masyarakat tertentu. Kurang perhatiannya pemerintah pusat maupun pemerintah daerah membuat masih banyaknya orang miskin di desa. Pemerintah daerah harus berperan aktif dalam membantu masyrakat desa dengan membekali mereka dengan berbagai keahlian, sehingga mereka mengurunkan niatnya untuk menjadi imigran ke kota maupun ke luar negeri. Dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada dilingkungnya pemerintah harus bisa membuat para masyarak yang kurang mampu untuk memberikan edukasi kepada masyrakat desa  bahwa  dengan memanfaatkan hasil kekayaan sumber daya alam yang ada di desa dan dengan melihat potensi desa untuk dijadikan tempat objek wisata akan mebuat desa itu menjadi maju dan perekonomian desa pun akan tumbuh dan berkembang sejalan dengan pemanfaatan dan objek wisata yang ada di desa. Yang menjadi masalah saat ini adalah adanya suatu kendala infrastruktur jalan yang belum tersentuh dan proses pendistribusian yang belum merata pada setiap daerah membuat perekonomian desa tumbuh lambat, ini menjadi masalah yang harus dibenahi oleh pemerintah daerah dalam membangun desa.  Agar terciptanya masyrakat tidak trejerat dari kemiskinan dan menjadi mayrakat yang hidup dengan kesejahteraan.
Kunci dari mencegah  perbudakan dari desa yaitu dengan cara memberikan bekal kemampuan atau skikll kepada imigran yang ingin mencari kerja ke kota maupun luar negeri dan memberikan edukasi kpeda masyarakat bahwa dengan membangun desa sendiri dengan memanfaatkan potensi alam dan sumberdaya alam yang ada  di lingkungan akan membuat perekonomian desa akan tumbuh dan berkembang. Jadi semua ini butuh campur tangan pemerintah, terutama pemerintah daerah untuk memberikan pelatihan kepada masyrakat dan membangun infrastruktur yang ada di desa.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONDITIONAL SENTENCES

KEPRIBADIAN DAN GAYA HIDUP

Proses Pengambilan Keputusan Oleh Konsumen