Faktor Utama Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen

Pengertian Kepuasan Konsumen

Kepuasan klonsumen menjadi tolak ukur bagi para pengusaha dalam memajukan sebuah bisnisnya, banyak kalangan pengusaha sekarang ini sangat memberikan tingkat kualitas produk, kualitas pelayanan, emosiaonal, harga dan biaya yang kesemuanya itu dapat menjadiakan acuan dan referensi bagi para pengusaha untuk memberikan yang terbaik bagi para konsumen.


Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya (Umar, 2005:65). Seorang pelanggan, jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh produk atau jasa, sangat besar kemungkinannya menjadi pelanggan dalam waktu yang lama.

Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller  yang dikutip dari buku Manajemen Pemasaran mengatakan bahwa Kepuasan Konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan (2007:177).

Memuaskan kebutuhan konsumen adalah keinginan setiap perusahaan. Selain faktor penting bagi kelangsungan hidup perusahaan, memuaskan kebutuhan konsumen dapat meningkatkan keunggulan dalam persaingan. Konsumen yang puas terhadap produk dan jasa pelayanan cenderung untuk membeli kembali produk dan menggunakan kembali jasa pada saat kebutuhan yang sama muncul kembali dikemudian hari. Hal ini berarti kepuasan merupakan faktor kunci bagi konsumen dalam melakukan pembelian ulang yang merupakan porsi terbesar dari volume penjualan perusahaan.


Faktor Utama dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen
Dalam menentukan tingkat kepuasan konsumen, terdapat lima faktor utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan yaitu :

a. Kualitas produk
Konsumen akan merasa puas bila hasil evaluasi mereka menunjukkan bahwa produk yang mereka gunakan berkualitas.
Kualitas produk sangat menentukan tingkat pembelian konsumen, tinggal bagaimana targeting market yang harus disasar. Siapa saja konsumen yang harus di tentukan dalam menjual produk, dalam segi kualitas kelas menengah dan atas lah yang bisa menjadikan target pasar produk. Karena bagi kalangan konsumen menengah dan atas sangat mencari kualitas barang mereka menginginkan kualitas tersebut tidak pasaran dan produk yang dibeli dapat memuaskan konsumen..

b. Kualitas pelayanan
Terutama untuk industri jasa. Konsumen akan merasa puas bila mereka mendapatkan pelayanan yang baik atau yang sesuai dengan yang diharapkan.
Dalam dunia persaingan bisnis, para pebisnis terus bersaing untuk mendapatkan konsumen yang loyal terhadap usaha mereka. Para pengusahapun di tuntut untuk berputar otak  agar dapat menarik minat konsumen dalam melakukan kembali pembelian baik pembelian produk maupun jasa. Kualitas pelayanan sangat menentukan tingkat jumlah konsumen yang datng dan membeli, di era sekarang banya para pengusaha menjual pelayanan sebagai dasar mereka agar selalu betah dan dapat datang kembali. Apalagi sekarang banyak kalangan anak muda yang sering berkumpul dan nongkrong yang hanya sekedar membeili produk dan jasa. Kualitas pelayanan yang di berikan oleh para pengusaha haruslah maksiamal karena kmonsumen adalah raja bagi para pengusaha, tanpa konsumen roda bisnisnya tidak akan jalan.

c. Emosional
Konsumen  akan merasa bangga dan mendapatkan keyakinan bahwa orang lain akan kagum terhadap dia bila menggunakan produk dengan merek tertentu yang cenderung mempunyai tingkat kepuasan yang lebih tinggi. Kepuasan yang diperoleh bukan karena kualitas dari produk tetapi nilai sosial yang membuat konsumen menjadi puas terhadap merek tertentu.
Banyak kalangan para pengusaha sekarang ini dalam menjual produk kepada konsumen dengan kualitas tinggi dengan di barengi kepedulain sosisal terhadap masyarakat. CSR sangat memberikan nilai tambah bagi perusahaan, karena perusahaan sudah memiliki nama yang bisa membuat emosiaonal para konsumen tertarik dengan membeli produk dari perusahaan tersebut.

d. Harga
Produk yang mempunyai kualitas yang sama tetapi menetapkan harga yang yang relatif murah akan memberikan nilai yang lebih tinggi kepada konsumennya.
bagi para pengusaha harga merupakan faktor penentu yang dapat memberikan keuntungan, di satu sisi para pengussaha harus bisa memberikan strategi pemasatan yang baik agar para konsumen terbuai oleh harga. Harga menjadi hal yang sangat krusial, tinggal bagaimana para pengusaha menntukan targetying market kepada siapa produk itu di juala dan hrga yang di tentukan pun dap[at sesuai dnegan kebutuhan para konsumen.
e. Biaya
Konsumen yang tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan atau tidak perlu membuang waktu untuk mendapatkan suatu produk atau jasa cenderung puas terhadap produk atau jasa itu.
Di eara sekarang tekhnologi sudah sangat canggih, apalagi setaipa orang memiliki gadjet smartphone yang bisa dengan mudah melakukan transaksi dan di dukung oleh perbankan yang memberikan akses mudah bagi para nasabahnya dalam melakukan transaksi pembayaran. Sekarang ini sudah zamannya teknologi yang di kedepakan, untuk itu parab  konsumen dapat di manjakan dengan adanya pembelian suatu produk atau jasa dengan cara online dengan kata lain konsumenpun dapat menghemat biaya yang di keluarkan untuk memperoleh barang atau jasa tersebut.



Daftar Pustaka
Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Indeks : Jakarta
Umar, Husein. 1997. Study Kelayakan Bisnis. Edisi Ketiga. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Manajemen. Edisi Revisi. Andy: Yogyakarta


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONDITIONAL SENTENCES

KEPRIBADIAN DAN GAYA HIDUP

PENTINGNYA KEDISIPLINAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PELAJAR