FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN
Terdapat empat faktor internal yang relevan terhadap proses
pengambilan keputusan konsumen:
Motivasi
(motivation) merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk
mencapai tujuan tertentu.
Persepsi
(perception) merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus
atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap
rangsangan tersebut.
Pembentukan
sikap (attitude formation) merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang
yang mencerminkan sikap suka/tidak suka seseorang akan suatu hal.
Integritas
(integration) merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan. Integrasi merupakan
respon atas sikap yang diambil. Perasaan suka akan mendorong seseorang untuk
membeli dan perasaan tidak suka akan membulatkan tekad seseorang untuk tidak
membeli produk tersebut.
ANALISIS :
Dalam mengambil suatu keputusan tentunya konsumen memerlukan
beberapa pertimbangan yang harus dilalui terlebuih dahulu sebelum konsumen
tersebut mengambil suatu keputusan. Motivasi diperlukan oleh seorang
konsumen agar ketika dia memilih suatu produk, konsumen tidak ragu dalam
memilih produk tersebut. Informasi diperlukan produk diperlukan oleh konsumen
terhadap suatu produk agar produk yang debilnya itu sesuai dengan
ketentuan dan kebutuhan yang konsumen inginkan. Suka dan tidak suka itu
sepenuhnya di tentukan oleh konsumen, sikap yang harus dimiliki oleh konsumen
adalah dengan karakter yang dimiliki oleh konsumen atau badmood, serta factor
lain yang dapat memperngaruhi sikapnya. Integrasion merupakan suatu kesatuan
yang menggabungkan dari unsure unsure yang terbentuk, agar konsumn bisa
membulatkan tekadnya dalam membeli ataupun tidak mebeli produk.
SUMBER :
Komentar
Posting Komentar