E-COMMERCE DAN ANALISISNYA
Perdagangan elektronik (bahasa Inggris: electronic
commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang dan jasa melalui system elektronik seperti internet atau televise, www,
jaringan computer lainnya lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis,
dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan
e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business)
yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara
elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing),
atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online
transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic
data interchange /EDI), dll.
E-commerce
merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak
hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,
pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www,
e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data(databases), surat
elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain
seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang
ini.
ANALISIS :
E-commerce
merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari konsumen, di zaman yang semakin
canggih dan modern ini banyak konsumen yang ingin dimudahkan dalam aktivitas
pembelin maupun penjualan, itu tidak lepas dari konsumen yang ingin selalu
dimanjakan, karena sejatinya konsumn atau pembeli merupak raja, jadi semua yang
mencangkup pembelian maupun penjualan. Dengan mengikuti perkembangan jaman dan
tekhnologi yang semakin maju pesat dan berkembang merupakan bagian yang tidak
terpisahkan, penjulan, pembelian dan pembayaran bisa dengan mudah dalam
genggaman tangan. Kemudahn yang diberikan oleh produsen yang bekerja sama
dengan berbagai pihak yang terkait untuk menjalankan aktivitas kemudahan
e-commerce, konsumen hanya perlu menjadi member atau membuat sebuah kartu yang
berkeja sama dengan pihak yang terkait agar konsumen dengan mudah memanfaatkan
fasilitas yang telah disediakan oleh produsen dalam pembelian, penjualan maupun
pembayaran barang ataupun produk maupun jasa.
SUMBER :
Komentar
Posting Komentar