Faktor Utama Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen
Pengertian Kepuasan Konsumen
Kepuasan klonsumen menjadi tolak ukur bagi para pengusaha
dalam memajukan sebuah bisnisnya, banyak kalangan pengusaha sekarang ini sangat
memberikan tingkat kualitas produk, kualitas pelayanan, emosiaonal, harga dan
biaya yang kesemuanya itu dapat menjadiakan acuan dan referensi bagi para
pengusaha untuk memberikan yang terbaik bagi para konsumen.
Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan konsumen
setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya (Umar,
2005:65). Seorang pelanggan, jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh
produk atau jasa, sangat besar kemungkinannya menjadi pelanggan dalam waktu
yang lama.
Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller yang dikutip dari buku Manajemen Pemasaran mengatakan bahwa Kepuasan Konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan (2007:177).
Memuaskan kebutuhan konsumen adalah keinginan setiap perusahaan. Selain faktor penting bagi kelangsungan hidup perusahaan, memuaskan kebutuhan konsumen dapat meningkatkan keunggulan dalam persaingan. Konsumen yang puas terhadap produk dan jasa pelayanan cenderung untuk membeli kembali produk dan menggunakan kembali jasa pada saat kebutuhan yang sama muncul kembali dikemudian hari. Hal ini berarti kepuasan merupakan faktor kunci bagi konsumen dalam melakukan pembelian ulang yang merupakan porsi terbesar dari volume penjualan perusahaan.
Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller yang dikutip dari buku Manajemen Pemasaran mengatakan bahwa Kepuasan Konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan (2007:177).
Memuaskan kebutuhan konsumen adalah keinginan setiap perusahaan. Selain faktor penting bagi kelangsungan hidup perusahaan, memuaskan kebutuhan konsumen dapat meningkatkan keunggulan dalam persaingan. Konsumen yang puas terhadap produk dan jasa pelayanan cenderung untuk membeli kembali produk dan menggunakan kembali jasa pada saat kebutuhan yang sama muncul kembali dikemudian hari. Hal ini berarti kepuasan merupakan faktor kunci bagi konsumen dalam melakukan pembelian ulang yang merupakan porsi terbesar dari volume penjualan perusahaan.
Faktor Utama dalam
Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen
Dalam menentukan tingkat kepuasan konsumen, terdapat lima
faktor utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan yaitu :
a. Kualitas
produk
Konsumen akan merasa puas bila hasil evaluasi mereka
menunjukkan bahwa produk yang mereka gunakan berkualitas.
Kualitas produk sangat menentukan tingkat pembelian
konsumen, tinggal bagaimana targeting market yang harus disasar. Siapa saja
konsumen yang harus di tentukan dalam menjual produk, dalam segi kualitas kelas
menengah dan atas lah yang bisa menjadikan target pasar produk. Karena bagi
kalangan konsumen menengah dan atas sangat mencari kualitas barang mereka
menginginkan kualitas tersebut tidak pasaran dan produk yang dibeli dapat
memuaskan konsumen..
b. Kualitas
pelayanan
Terutama untuk industri jasa. Konsumen akan merasa puas bila
mereka mendapatkan pelayanan yang baik atau yang sesuai dengan yang diharapkan.
Dalam dunia persaingan bisnis, para pebisnis terus bersaing
untuk mendapatkan konsumen yang loyal terhadap usaha mereka. Para pengusahapun
di tuntut untuk berputar otak agar dapat
menarik minat konsumen dalam melakukan kembali pembelian baik pembelian produk
maupun jasa. Kualitas pelayanan sangat menentukan tingkat jumlah konsumen yang
datng dan membeli, di era sekarang banya para pengusaha menjual pelayanan
sebagai dasar mereka agar selalu betah dan dapat datang kembali. Apalagi sekarang
banyak kalangan anak muda yang sering berkumpul dan nongkrong yang hanya sekedar
membeili produk dan jasa. Kualitas pelayanan yang di berikan oleh para pengusaha
haruslah maksiamal karena kmonsumen adalah raja bagi para pengusaha, tanpa
konsumen roda bisnisnya tidak akan jalan.
c. Emosional
Konsumen akan merasa bangga dan mendapatkan keyakinan
bahwa orang lain akan kagum terhadap dia bila menggunakan produk dengan merek
tertentu yang cenderung mempunyai tingkat kepuasan yang lebih tinggi. Kepuasan
yang diperoleh bukan karena kualitas dari produk tetapi nilai sosial yang
membuat konsumen menjadi puas terhadap merek tertentu.
Banyak kalangan para pengusaha sekarang ini dalam menjual
produk kepada konsumen dengan kualitas tinggi dengan di barengi kepedulain
sosisal terhadap masyarakat. CSR sangat memberikan nilai tambah bagi
perusahaan, karena perusahaan sudah memiliki nama yang bisa membuat emosiaonal para
konsumen tertarik dengan membeli produk dari perusahaan tersebut.
d. Harga
Produk yang mempunyai kualitas yang sama tetapi menetapkan
harga yang yang relatif murah akan memberikan nilai yang lebih tinggi kepada
konsumennya.
bagi para pengusaha harga merupakan faktor penentu yang dapat memberikan keuntungan, di satu sisi para pengussaha harus bisa memberikan strategi pemasatan yang baik agar para konsumen terbuai oleh harga. Harga menjadi hal yang sangat krusial, tinggal bagaimana para pengusaha menntukan targetying market kepada siapa produk itu di juala dan hrga yang di tentukan pun dap[at sesuai dnegan kebutuhan para konsumen.
bagi para pengusaha harga merupakan faktor penentu yang dapat memberikan keuntungan, di satu sisi para pengussaha harus bisa memberikan strategi pemasatan yang baik agar para konsumen terbuai oleh harga. Harga menjadi hal yang sangat krusial, tinggal bagaimana para pengusaha menntukan targetying market kepada siapa produk itu di juala dan hrga yang di tentukan pun dap[at sesuai dnegan kebutuhan para konsumen.
e. Biaya
Konsumen yang tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan atau
tidak perlu membuang waktu untuk mendapatkan suatu produk atau jasa cenderung
puas terhadap produk atau jasa itu.
Di eara sekarang tekhnologi sudah sangat canggih, apalagi
setaipa orang memiliki gadjet smartphone yang bisa dengan mudah melakukan
transaksi dan di dukung oleh perbankan yang memberikan akses mudah bagi para
nasabahnya dalam melakukan transaksi pembayaran. Sekarang ini sudah zamannya
teknologi yang di kedepakan, untuk itu parab
konsumen dapat di manjakan dengan adanya pembelian suatu produk atau
jasa dengan cara online dengan kata lain konsumenpun dapat menghemat biaya yang
di keluarkan untuk memperoleh barang atau jasa tersebut.
Daftar Pustaka
Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen
Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Indeks : Jakarta
Umar, Husein. 1997. Study Kelayakan Bisnis. Edisi
Ketiga. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total
Quality Manajemen. Edisi Revisi. Andy: Yogyakarta
Komentar
Posting Komentar