SUMBER DAYA KONSUMEN DAN PENGETAHUAN
A.
SUMBER
DAYA KONSUMEN
Sumber daya konsumen
adalah segala sumber daya yang mempengaruhi konsumen untuk membeli barang atau jasa.
Sumber daya konsumen ada 6 macam, yaitu :
Ø Sumberdaya
ekonomi
Ø Sumberdaya
sementara
Ø Sumberdaya
kognitif
Ø Kandungan
pengetahuan
Ø Oganisasi
pengetahuan
Ø Mengukur
pengetahuan
Penjelasannya
yaitu :
1.
Sumber
Daya Konsumen Ekonomi
Uang adalah alat transaksi yang
sangat diperlukan oleh konsumen untuk membeli produk. Keputusan Konsumen
sehubungan degan produk dan merek sangat dipengaruhi oleh jumlah sumber
daya ekonomi misalnya uang. Tanpa uang konsumen tidak bisa membeli
apapun. Pembelian sangat dipengaruhi oleh pendapatan konsumen sama halnya
dengan, harapan konsumen mengenai pendapatan masa datang menjadi variabel
penting dalam meramalkan perilaku konsumen.
Potensi sumberdaya ekonomi atau
lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada dasarnya dapat diartikan sebagai
sesuatu atau segala sesuatu sumberdaya yang dimiliki baik yang tergolong pada
sumberdaya alam (natural resources/endowment factors) maupun potensi sumberdaya
manusia yang dapat memberikan manfaat (benefit) serta dapat digunakan sebagai
modal dasar pembangunan (ekonomi) wilayah tingkat ketergantungan terhadap
sumberdaya secara structural harus bisa dialihkan pada sumberdaya alam lain.
Misalnya, penggunaan energy sinar matahari, panas bumi, atau gelombang laut
termasuk angin, akan dapat mengurangi ketergantungan manusia terhadap
sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui.
2.
Sumber
Daya Sementara
ü
Barng
yang menggunakan waktu
ü
Produk
yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya. Contoh: menonton TV,
memancing, golf, tennis (waktu Senggang) tidur, perawatan pribadi, pulang pergi
(waktu wajib)
ü
Barang
penghemat waktu.
ü
Produk
yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka.
Contoh: oven microwave, pemotong rumput, fast food.
3.
Sumber
Daya Kognitif
Pengertian
sumber daya kognitif adalah kemampuan untuk secara lebih tepat
merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep
yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya
schemata skema tentang bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannya dalam
tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam
merepresentasikan informasi secara mental.
Teori ini
digolongkan ke dalam konstruktivisme :
ü
Sumber Daya Konsumen Perhatian
ü
Sumber Daya Kognitif – Perhatian
Sumberdaya
Kognitif menggambarkan kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan
berbagai kegiatan pengolahan informasi Alokasi Kapasitas Kognitif dikenal
sebagai perhatian (attention). Perhatian terdiri dari dua dimensi :
ü
Arahan (direction) menggambarkan fokus perhatian
ü
Intensitas mengacu pada jumlah kapasitas yang
difokuskan pada arahan tertentu. Karena kapasitas tersebut terbatas, orang harus
selektif dalam apa yang mereka perhatikan dan berapa banyak perhatian
dialokasikan selama pengolahan informasi. Contoh :Psikologi kognitif menyatakan
bahwa perilaku manusia tidak ditentukan oleh stimulus yang berada dari luar
dirinya, melainkan oleh faktor yang ada pada dirinya sendiri.
4.
Kandungan
Pengetahuan
Kajian Myke mendefinisikan
kandungan pengetahuan sebagai “jumlah keupayaan sumber tenaga manusia, asset
dan pengamalan kepimpinan, modal teknologi dan maklumat, hubungan kerjasama,
harga intelek, stok maklumat serta kebolehan untuk berkongsi pembelajaran dan
penggunaan, yang boleh digunakan untuk menjaga kekayaan dan meningkatkan daya
saing ekonomi.
5.
Organisasi
Pengetahuan
Pengetahuan Konsumen akan
mempengaruhi Keputusan Pembelian. Apa yang dibeli,berapa banyak yang dibeli,
dimana membeli dan kapan membeli akan tergantung kepada pengetahuan konsumen
mengenai hal-hal tersebut. Pengetahuan Konsumen adalah semua informasi yang
dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya
yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
ü
Pengetahuan
tentang karakteristik /atribut produk
ü
Pengetahuan
tentang manfaat produk
ü
Pengetahuan
tentang kepuasan yang diberikan produk kepada konsumen
Manfaat fungsional yaitu manfaat
yang diraksan konosumen secara fisiologis
Manfaat psikososial,
yaitu aspek psikologis dan aspek sosial yang dirasakan
konsumen setelah mengkonsumsi suatu produk
6.
Mengukur
Pengetahuan
Cara yang paling nyata dalam
mengukur kemampuan pengetahuan adalah menilai secara langsung isi ingatan.
Beberapa indikator pengukur pengetahuan antara lain
1.
Pengetahuan
Objektif (Objective Knowledge)
Pengukuran yang menyadap apa yang
benar-benar sudah disimpan oleh konsumen di dalam ingatan
2.
Pengetahuan
Subjektif (Subjective Knowledge)
Dipengaruhi oleh kepercayaan diri
seseorang yaitu bahwa orang yang percaya diri mungkin melaporkan secara
berlebihan tingkat pengetahuan mereka (Engel, Blackwell & Miniard, 1994,
p.331-332)
B.
PENGETAHUAN
Pengetahuan Konsumen
adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk,
serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan
fungsinya sebagai konsumen. Dalam hal ini pengetahuan konsumen amat diperlukan.
Karena, hal ini dapat mempengarhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian.
Apa yang dibeli, berapa banyak yang dibeli, dimana membeli dan kapan membeli
akan tergantung kepada pengetahuan. Pengetahuan Konsumen terbagi kedalam tiga
macam, yaitu Pengetahuan Produk, Pengetahuan Pembelian, Pengetahuan Pemakaian.
a.
Pengetahuan
Produk adalah kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk.
Pengetahuan ini meliputi kategori produk, merek terminologi produk atribut atau
fitur, harga produk dan kepercayaan mengenai produk. Jenis Pengetahuan Produk
:
ü
Pengetahuan
tentang karakteristik/atribut produk
Seorang Konsumen akan melihat
suatu produk berdasarkan kepada karakteristik atau ciri atau atribut dari
produk tersebut. Setiap konsumen mungkin memiliki kemampuan yang berbeda dalam
menyebutkan karakteristik atau atribut dari suatu produk. Hal ini
disebabkan perbedaan pengetahuan yang dimilikinya. Pengetahuan mengenai atribut
tersebut akan mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen. Pengetahuan yang
lebih banyak akan memudahkan konsumen dalam memilih produk yang akan dibelinya.
ü
Pengetahuan
Manfaat Produk
Seorang Konsumen mengkonsumsi
gula rendah kalori karena mengetahui manfaat produk tersebut bagi
kesehatan tubuhnya. Manfaat yang dirasakan konsumen. Setelah mengkonsumsi gula
rendah kalori yaitu dapat menghindari penyakit diabetes. Inilah yang disebut
sebagai pengetahuan tentang manfaat produk.
b.
Pengetahuan
Pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam
toko dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Pengetahuan
Konsumen cenderung lebih senang mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk
berbelanja, karena telah mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut.
Hal ini akan memudahkan konsumen untuk berbelanja atau melakukan pembelian. Hal
ini akan memudahkan konsumen untuk berbelanja karena konsumen bisa menghemat
waktu dalam mencari lokasi produk.
Menurut Petter dan Olson (1999), perilaku membeli meliputi
store contact, product contact, dan Transaction.
ü
Store
contact meliputi tindakan mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
ü
Product
contact, konsumen akan mencari lokasi produk, mengambil produk tsb dan
membawanya ke kasir
ü
Transaction,
konsumen akan membayar produk tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu
debet atau alat pembayaran lainnya.
c.
Pengetahuan
Pemakaian yaitu suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika
produk tersebut telah digunakan/ dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa
memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan yg tinggi, maka konsumen harus
bisa menggunakan/ mengkonsumsi produk tersebut dengan benar. Produsen
berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui
cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan pemakaian suatu produk adalah penting
bagi konsumen.
Analisis :
Ø Sumber daya konsumen sangat
memperngaruhi seorang konsumen dalam
memutuskan pembelian. Konsumen tentunya banyak mempertimbangkan ffaktor factor
sebelum melakukan pembelian, untuk itu dalam bagi seorang konsumen di
perlukannya sumber daya konsumen yang mencangkup 6 yaitu : Sumberdaya ekonomi, Sumberdaya
sementara, Sumberdaya kognitif, Kandungan pengetahuan, Oganisasi pengetahuan, Mengukur
pengetahuan.
Ø Pengetahuan sangat di perlukan
bagi semua konsumen dlam melakukan proses pembelian, dalam memilih suatu produk
suka atau tidak suka nya seorang konsumen terhadap produk tersebut di dasari dengan semua pengetahuan yang
konsumen miliki terhadap produk tersebut.
Referensi :
Komentar
Posting Komentar